Cara daptar kartu prakerja dan Syarat penerima kartu prakerja

Cara daptar kartu prakerja dan Syarat penerima kartu prakerja

Tepat tanggal 16 April 2020 lalu, sebuah program pemerintah bernama Kartu Prakerja resmi membuka pendaftaran gelombang I. Ratusan ribu bahkan jutaan orang dari berbagai wilayah di Indonesia berbondong-bondong mendaftarkan diri. Dan tepat pada hari ini, 21 April 2020, gelombang II akhirnya juga dibuka.

Akan tetapi, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan Kartu Prakerja? Mengapa begitu viral akhir-akhir ini? Berikut sejumlah penjelasan mengenai Hal-hal Yang Harus Anda Ketahui Seputar Kartu Prakerja :

Definisi Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah kartu ‘sakti’ yang dapat digunakan dalam rangka mengikuti program pelatihan dan pembinaan bagi warga Indonesia yang belum memiliki atau ingin meningkatkan kompetensi. Awal mula dari Kartu Prakerja ini berdasarkan pada kampanye Jokowi di Pilpres tahun 2019, bersama program lainnya seperti KIP dan Kartu Sembako Murah.

Adapun pendaftaran Kartu Prakerja dibuka setiap minggu sampai bulan November 2020. Tiap minggu akan dipilih 200 ribu peserta yang akan mendapatkan insentif dari pemerintah. Mengutip pernyataan dari Menko Perekonomian, Airlangga Hartato, program ini menyiapkan dana sebesar Rp. 20 triliun dengan target peserta 5,6 juta orang. Yang harus Anda pahami adalah program Kartu Prakerja tidak bertujuan untuk menggaji pengangguran.

Info Pendaftaran program Kartu Prakerja

Pendaftaran program Kartu Prakerja akan dibuka setiap minggu sampai November 2020, dengan kuota peserta yang berbeda-beda.
Berikut rincian jadwalnya :

1. Gelombang I dibuka Kamis 16 April 2020 pukul 16.00 WIB.
2. Pendaftaran dapat dilakukan kapanpun dan di manapun.
3. Pengumuman lolos/tidaknya  pada tanggal 17 April 2020.
4. Mulai pelatihan online, Sabtu 18 April 2020.
5. Bagi peserta yang dinyatakan lolos, dapat bergabung di gelombang berikutnya. Tanpa proses pendaftaran lagi.
6. Ada lebih dari 30 gelombang dalam tahun ini.

Penerima Kartu Prakerja

Mulanya, Kartu Prakerja diutamakan untuk pengangguran muda, akan tetapi melihat bagaimana situasi pandemi COVID-19, maka pemerintah berinisiatif untuk menambah prioritas yaitu pengangguran muda, pelaku usaha mikro dan kecil yang ikut terdampak, serta orang-orang yang ter-PHK.

Keistimewaan dan Manfaat Kartu Prakerja
Keuntunga kartu prakerja

Adapun fungsi dari Kartu Prakerja adalah untuk mengurangi tingkat kemiskinan, meningkatkan keterampilan dan efektif untuk kemajuan industri. Berikut ini beberapa keistimewaan Kartu Prakerja :

1. Meringankan biaya pelatihan yang ditanggung oleh pekerja dan perusahaan.
2. Mengurangi biaya dalam mencari informasi mengenai pelatihan.
3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat mismatch.
4. Menjadikan komplemen dari pendidikan formal.
Manfaat kartu Prakerja adalah sebagai berikut :
1. Dapat mengikuti pelatihan online dan offline.
2. Mendapatkan sertifikat pelatihan yang diakui oleh lembaga kursus online maupun offline.
3. Mendapatkan insentif langsung ke dompet digital seperti Ovo, Gopay dan ditransfer dalam 3 tahap.

Cara Mendapatkan Kartu Prakerja

Agar dapat bergabung dan mendapatkan kartu ‘sakti’ ini, Anda wajib mendaftar terlebih dahulu. Akan tetapi, sebelum itu pastikan Anda menyiapkan beberapa dokumen berikut :
1. Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai KTP.
2. Nomor HP/Telepon (yang masih aktif).
3. E-mail (yang aktif).

Cara Buat Akun Kartu Prakerja

Apabila berkas di atas sudah lengkap, selanjutnya Anda bisa melakukan pembuatan akun Kartu Prakerja di www.prakerja.go.id

1. Masukan alamat e-mail atau nomor hp yang aktif.
2. Klik kolom daftar.
3. Pilih menu metode verifikasi.
4. Masukan kode verifikasi yang diterima baik melalui e-mail maupun sms di hp Anda.
5. Apabila keempat tahapan telah selesai, maka pendaftaran dianggap berhasil dan Anda sudah memiliki akun Kartu Prakerja.

Cara daftar Kartu Prakerja

cara daptar kartu prakerja.jpg

Nah, karena Anda sudah memiliki akun, langkah berikutnya adalah cara daftar Kartu Prakerja :
1. Setelah Anda memasuki laman prakerja.go.id, Anda cukup login akun, kemudian klik menu daftar Kartu Prakerja.
2. Berikutnya, isilah formulir pendaftaran sesuai format yang telah disediakan.
3. Klik selanjutnya.
4. Pada tahapan ini, Anda diharuskan mengisi tes kemampuan dasar.
5. Klik selesai.
6. Jika sudah beres, Anda akan menerima notifikasi lewat akun Kartu Prakerja kemudian mengeceknya.

Khusus bagi Anda yang terkendala saat mendaftar, entah itu eror dan lain sebagainya, dapat mengirimkan e-mail di @prakerja.go.id ataupun menghubungi dan mendatangi Kantor Dinas Tenaga Kerja di daerah Anda masing-masing.

Pemohon atau pendaftar yang dinyatakan lolos akan mendapatkan Kartu Prakerja secara langsung dan bisa mengikuti berbagai kursus online guna meningkatkan kompetensi mereka. Akan tetapi, kabar baik bagi para peserta yang tidak lolos pada pendaftaran gelombang I, dapat melakukan pendaftaran lagi di tahapan berikutnya. Caranya cukup dengan membuat akun baru, dan daftar kembali di website resmi Kartu Prakerja. Tidak harus mengulang dari awal, akan ada petunjuk dari web tersebut.

Kartu Prakerja Anda dapat hangus/kadaluarsa apabila :

1. Dalam kurun waktu 1 bulan sejak ditetapkannya sebagai penerima, belum menggunakan Kartu Prakerja untuk pelatihan pertama.
2. Setelah pelatihan pertama, peserta mengikuti pelatihan berikutnya.
3. Sisa bantuan biaya pelatihan setelah pelatihan pertama selesai, dapat dipakai untuk membeli modul pelatihan sampai 31 Desember 2020.

Jenis Tes Dalam Kartu Prakerja

Sebelum Anda dinyatakan lolos, ada dua tes yang harus dilalui, yakni tes kemampuan dasar dan motivasi yang bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi apa saja yang dimiliki peserta
Dalam tes ini ada 19 soal yang harus dikerjakan dalam waktu maksimal 25 menit. Adapun tesnya berupa pengoperasikan matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan nonsastra. Soal-soal numerik berupa penjumlahan, pengurangan, penjumlahan pecahan, dan soal logika. Selain itu, ada pula pertanyaan tentang motivasi mengikuti tes tersebut.

Jenis Pelatihan Dalam Kartu Prakerja

Ada dua metode pelatihan yang ditawarkan pada Kartu Prakerja, online dan offline. Karena sedang dalam masa wabah, maka pelatihan online menjadi solusi sementara. Nanti, apabila situasi telah kondusif, akan diganti dengan offline, baik itu di BLK dan lain sebagainya. Namun, jenis pelatihannya tidak diadakan di semua wilayah Indonesia, melainkan hanya empat titik saja: Surabaya, Bali, Kepulauan Riau, dan Sulawesi Utara.

Terdapat 198 lembaga dari 8 platform yang digandeng pemerintah untuk menjadi mitra dalam memberikan pelatihan Kartu Prakerja. Platform-platform untuk pelatihan online antara lain, Ruang Guru, Mau Belajar Apa, Tokopedia, Gojek, Pintar Mahir, Pintaria, Bukalapak, dan Kemnaker.go.id. Sementara itu, untuk jenis pelatihannya berjumlah sekitar 2.055 jenis.

Terkait Insentif 

Kemudian, hal yang juga menjadi daya tarik tersendiri Kartu Prakerja dibanding kartu lainnya yakni adanya uang insentif yang didapatkan oleh masing-masing pekerja sebesar Rp. 2.550.000,-. Berikut ini rinciannya :

1. Biaya pelatihan sebesar Rp. 1.000.000,-
2. Insentif pasca pelatihan sebesar Rp. 600.000,-
3. Insentif survei berkelanjutan Rp.150. 000,-

Pemberian insentif pun tidak sembarangan, Anda baru akan mendapatkannya jika :
1. Telah menyelesaikan pelatihan
2. Semasa menerima Kartu Prakerja, insentif hanya diberikan untuk pelatihan pertama dan tidak untuk pelatihan kedua juga berikutnya.
3. Telah melakukan ulasan terhadap Lembaga Pelatihan
4. Telah memberikan penilaian terhadap Lembaga Pelatihan.
Sedangkan untuk insentif survei, akan diberikan apabila peserta telah mengisi survei di akun www.prakerja.go.id guna mengetahui efektivitas program Kartu Prakerja.

Insentif tersebut dapat digunakan untuk mengikuti berbagai pelatihan. Mulai dari keterampilan teknis sampai berwirausaha. Pelatihan-pelatihan yang ditawarkan antara lain cara berjualan online, kursus aplikasi komputer, kursus bahasa, mendapatkan penghasilan dari media sosial dan masih banyak lagi.

Insentifnya pun ada dua jenis :
1. Insentif pasca penuntasan pelatihan pertama yaitu Rp. 600.000,-/bulan selama 4 bulan. Total biaya Rp. 2.400.000,-.
2. Insentif pasca pengisian survei evaluasi Rp. 50.000,-/survei untuk 3x survei. Total Rp. 150.000,-.
3. Bantuan Prakerja hanya diberikan 1x untuk satu orang.

Demikianlah serangkaian hal yang patut Anda pahami mengenai Kartu Prakerja. Jika Anda termasuk pihak yang diprioritaskan untuk menjadi penerima Kartu Prakerja, Anda dapat mendaftar melalui tahapan yang telah dijelaskan. Semoga membantu!

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Cara daptar kartu prakerja dan Syarat penerima kartu prakerja"

  1. Persyaratannya tidak dibatasi maksimal usia ya, mas ?.

    Penasaran juga pengin mencoba ikut mendaftar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya, Kartu Prakerja diutamakan untuk pengangguran muda, akan tetapi melihat bagaimana situasi pandemi COVID-19, maka pemerintah berinisiatif untuk menambah prioritas yaitu pengangguran muda, pelaku usaha mikro dan kecil yang ikut terdampak, serta orang-orang yang ter-PHK.

      Hapus
  2. Sebetulnya juga bisa didaftarkan secara gelondongan oleh perusahaan yang terpaksa harus mem-PHK pegawainya akibat pandemi corona ini. Tapi pihak perusahaan harus sudah pernah dapat undangannya dari sudinaker setempat sebelumnya.

    BalasHapus
  3. Aku kmrn juga ikutan daptar nih kak, trus katanya gak lulus..kuota penuh.disuruh klik buat gelombang berikutnya tapi blm nemu tuu..ntar mau dicoba lagi hahaha

    BalasHapus
  4. Pengin daftar kartu pra kerja tapi masih kerja jadinya pasti ditolak, sejak ada covid 19 pekerjaan jadi agak sepi, takutnya kena PHK, tapi semoga saja tidak.

    Umur 30 boleh daftar kartu pra kerja ngga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo umur 30 Harusnya masih bisa karena syaratnya. WNI yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang kuliah atau sekolah bisa mendaftar untuk mendapatkan kartu pra kerja.

      Hapus
  5. Sangat membantu ditengah situasi begini nih

    BalasHapus
  6. sampai saat ini kemaren apdet udah sampai 8jt yg dapet prakerja. semoga tepat sasaran

    BalasHapus